Minggu, 30 April 2017

Menjajal Jalur Ekstrim ke Air Terjun Haratai

The Tanginas at Wisata Alam Air Terjun Haratai Loksado

Tim memulai perjalanan menuju air terjun haratai. Awal perjalanan tadi sempat diwarnai aksi nyasar karena kurang pede untuk melewati jembatan.. hehe.. setelah bertanya pada warga sekitar akhirnya perjalanan kami terselamatkan. melalui jalur desa haratai kami bertanya tanya kepada brader Adjat yang waktu muda dulu beliau sempat kemari dengan berjalan kaki.. hehhe.. mantap kan ni orang..
Jar nya jalurnya setapak dan scukup ekstrim.. karena melewati beberapa jembatan dan ada beberapa jembatan yang cukup memprihatinkan..


Sungai Amandit

Setelah mendengar kisah beliau kami membulatkan tekad seperti tahu bulat dan memantapkan mental seperti kopi Kapal Api.. Kami siap dengan apa yang harus kami hadapi di depan dan pantang untuk mundur kecuali kalo motor kaga kuat nanjak.. heheh.. jembatan pertama dapat kami lewati dengan baik.. karena memang kondinya oke banget.. melalui jalur setapak desa haratai bersebelahan dengan sungai amandit yang saat itu berarus kencang.
Mulai Masuk Desa

Jalur Pinggir Sungai

Jalan Setapak

Cuaca sekitar masih cerah dan diprediksi hujan tak akan turun, hanya awan mendung saja yang akan menghiasi jalan kami. laju kendaran masih dipacu cukup kencang karena kami mengejar waktu yang agar tidak pulang terlalu sore, jalanan yang licin bekas hujajn semalam masih membekas di tanah. Hutan tropis khas kalimantan ini mulai kami masuki.. rumah warga mulai jarang terlihat. arus sugai yang cukup deras terdengar jelas sepanjang jalan.
Menyisir sungai

Melewati Jembatan

Melewati jembatan yang cukup reod dan sangat pikahariwangeun sangat terasa sekali ngageol ke aknan dan kekiri membuat manuver kendaraan menjadi terganggu.. sangat palaur sekali kondisi seperti ini.. jika sampai tikusruk arus ketinggian dan arus sungai yang cukup deras siap melahap. Beberapa jembatannya masih merupakan jembatan gantung dengan alas berupa kayu yang cukup licin jika kondisi basah sehingga kami bergantian melewatinya.
Alas Jembatan dari Kayu

Jembatan Lagi

Jembatan Gantung yang bagus

Melewati Jembatan

Sungai

Kontur jalan yang nanjak - mudun juga menjadi faktor yang perlu diperhatikan.. karena ada beberapa pudunan yang dilanjutkan oleh tikungan.. sedangkan disisi jalan merupakan aliran sungai.. pokonya cek nendaraan anda sebelum melewati jalur ini.. kalo rem sampai blong selesai sudah. Tim kami juga mengalami insiden dengan pengendara lain. Mang rusdi hampir saja mengalami kecelakaan dimana saat beliau memacu kendaraan untuk menaiki tanjakan tiba tiba dari arah berlawanan muncul kendaraan lain.. mang rusdi langsung berbelok dan mengerem.. karena posisinya di tanjakan akhirnya diahanya bisa menahan agar tidak sampai mundur dan terperosok ke sungai.. perlu diperhatikan sekali keselamatan kita disini.

Tak jauh dari insiden mang rusdi kami sampai di pintu masuk air terjun haratai. memarkir motor dan langusng menuju ke jembatan gantung penghubung pintu masuk ke tempat wisata air terjunnya.. dari jembatan ini kita bisa melihat keindahan arus suggainya dan hutan tropis ala pedalaman meratus. Welcome to the Jungle.. hehehe mungkin itu kata yg cocok banget disini.. 

Jangan Dihindik Lah

Jembatan Gantung


Aliran Sungai

Berpegangan lah

Mang Zatsu

Bebatuan Ganal
Kami berfoto bersama di depan pintu masuk dan tak lupa bayar retribusi dulu.. kisah selanjutknya kan kami tuliskan di next post...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar