Minggu, 12 Agustus 2018

Wajah Baru Danau Biru Tambak Padi

Danau Biru Tambak Padi

Danau Biru Tambak padi merupakan sebuah danau bekas galian tambang yang berlokasi di des atambak padi Liang anggang, Banjarbaru. sebenarnya danau ini perbatasan antara banjarbaru dan kab banjar. tapi menurut saya lebih deket ke banjarbaru. Ciri khas dari danau iniadalah airnya yang berwarna biru karena pantulan dari langit.. Pasir putih yang menjadi dasar danau ini memberikan efek yang jernih terhadap air yang terkumpul di danau ini. Luasnya danau dan birunya air dengan pasir yang putih menambah rasa danau ini seperti sebuah pantai.  Tempat wisata ini kini berganti wajah dengan pengelolaah yang cukup baik.. fasilitas baru yang ditawarkan adalah adanya wisata keliling danau dengan menggunakan speed boat.. ada juga pakai kelotok..


Jalanan Mulus

Tim mulai menjajal jalanan untuk menuju ke danau bru tambak padi.. mengambil jalan lurus dari trikora.. sampai jalanan asmpal berganti menjadi jalanan pasir putih yang berbatu dan berdebu. dari ujung aspal kita perkirakan sekitar 10 km menuju ke lokasi wisatanya. saat melewati pertiggaan kami ambil jalan ke kiri.. jalanannya bergelombang dan banyak truk pengangkut pasir.. sebuah jalan yang agak sedikit beda dengan apa yang kami datangi sebelumnya. muncul dugaan dibenak kami bahwa ini jalan yang salah.

Setelah menemukan sebuah warung dan terdapat beberapa paman supit truk, kami bertanya.arah ke danau biru,, ternyata kmai salah mengambil jalan ... seharusnya di pertiggaan tadi tetap lurus.. hingga ada sekolahan ber atap biru.. hehe..  nyata aja.. jalannya tak seperti dulu.. namun ternyata jar pama.. kawa ae.. umpati jalan ini tarus.. ambil kanan.. tapi agak jauh memutar" kaya itu jer nya. karena kami males balik lagi.. kami lanjutkan aja pencarian danau nya..

Danau Pertama.. biru cawerang

Danau Kedua.. Biru jelas

Danau ketiga.. cukup luas

Danau Keempat.. kecil aja
Tak disangka di sepanjang jalan kami temu banyak sekali versi dari dananu biru yang terbengkalai bekas galian tambang.. ada yang kecil.. ada yang kurang biru.. ada yang biru nya pas.. pokonya ada banyak sepanjang jalan.. jadi pemandangan selama nyasar asik juga.. dilanjutkan dengan jalanan lurus dengan sekeliling padang ilalang.. seakan kami ini ada di belantara padang ilalang yang luas banget.. sajian alam yang sangat memukau...

Sampai di lokasi wisata ternyata masih tutup, karena baru buka jam 10.. hehe.. what the ffff.... tapi gak masalah.. kami cari dulu tempat lain disekitar sini yang bisa menampung kami selama menunggu.. Paman rusdi segera bergegas.. dengan kematangan naluri eksplorenya.. dia menemukan sebeuah danau yang juga tak jauh dari lokasi wisata.. kami bersantai aja dulu disini.. sambil nunggu danaunya buka.

Danau Seberang danau wisata

Bocah Main Pasir
Pemandangannya tak kalah oke.. disini juga memiliki warna biru yg dominan dengan pasir yang putih.. asik aja ini para bocah pada main pasir.. hehe.. gpp nak.. dilanjut aja.. kapan lagi main kotor.. seminggu sekali kdpp.. hehe.. saat kami sedang santai datang juga pengunjung lain ke danau ini.. dia juga hendak ke danau biru,, dan mengabarkan bahwa wisatanya udah buka.. kmai langsung aja otw kesono.

Dengan biaya masuk 10rb pe orang. kalo bocah gratis aja.. kami dah bisa masuk dan bebas parkir... kaya main monopoli ja ya.. hee.. kami nyari aj lokasi yang aman.. sekalian biar para bocah bisa main air sepuasnya.. ternyata memang danau ini sudah sangat oke dikelola.. menyediakan fasilitas yang oke juga.. ada pondokan di tepi danau berbahan baja ringan.. bisa sebagai tempat bernaung.. rekomended isan untuk acara berkeluarga.. airnya yang jenih dan biru cerah menambah daya tarik wisata yang ramah anak..
Danau Biru Tambak Padi

Danau Biru Tambak Padi

Kelotok Wisata

Fasilitas Bernaung

Pesan - pesan berfaedah

Keselamatan dan doa - doa
Pengunjung juga bisa mnaiki kelotok wisata.. seharga 10rb atau bisa juga menaiki speed boat dengan harga 20rb... ada juga bananan boat... tapi lupa berapa harganya... wisata ini terilaht seperti di pantai.. anak anak bisa beranang di pinggir.. dengan pasir yang putih dan air yang jernih... oke banget buat wajah baru dari danau ini.. tak mengecewakan.. penelolaannya oke... oh ya ditambahalagi banyak poster - poster yang sifatnya islami dan mengajak untuk wisata dengan sopan ,, ajakan wisata manan dengan perhatian terhadap safetynya dan tentunya ada juga ajakan untuk tak berbuat asusila.

Spot Oke

Bocah Main Air

Airnya Jernih Pisan

Seperti Di Pantai

ngopi Lagi

Mang Rusdi

Mang Sany & para bocah

Kami menemukan spot yang cukup aman.. karena pemandangan seperti dipantai.. para bocah langsung aja nyebur dan main air sepuasnya.. mang sany dan mang rusdi cuma bisa ngopi aja dipinggir.. karena udah mulai kepanasan sepanjang jalan.. sambil bersantai dan menikmati sajian biru khas pantai.. kami istirahat sambil liatin bocah lagi pada main.

Dokumentasi singkatnya dapat dilihat di video berikut




Tidak ada komentar:

Posting Komentar