Senin, 04 April 2016

Menanti Senja di Danau Caramin


Danau Caramin
      Hujan masih terus membasahi tanah pelaihari, Kami harus tetap menunggu hingga reda. Tim sempat bingung, mau ngopi tapi baru makan. Takutnya kembung, jadi kami nunggu aja beberapa saat hingga hujan berhenti. Dan memang tak lama, hujan mulai reda, Kami segera melanjutkan perjalanan. Melihat penunjuk bbm masih cukup, kami tak khawatir jika langsung ngebut tanpa harus ngisi lagi bbm di jalan.

     Namun tak sampai Pelaihari, hujan deras kembali turun. Memaksa kami harus kembali berteduh dipinggiran. sambil nunggu tim kembali berteduh di sekitar alfamart sebelum bunderan ke pelaihari. tak lama berteduh, kami kembali melanjutkan namun terhadang lagi oleh hujan. Seakan hujan terus membuntuti kami. Terjadi hingga 3 kali, akhirnya tim menerobos saja karena mulai kelaparan hingga sampai di warung makan atas saran dari paman wahyu. Kami beristirahat makan sambil berteduh dari hujan. Nafsu makan menjadi semakin membara karena tubuh yang menggigil ditambah rasa lapar yang tak tertahankan. Rasanya ayam bakar atau nasi goreng mampu membayar kepedihan perut ini. sambil menunggu kami sedikitnya berbincang akan perjalanan kali ini yang cukup lengkap mulai dari pantai, ke bukit,, mulai dari panas hingga basah kuyup keujanan. tapi semua itu menjadi ciri khas tersendiri dalam menikmati sebuah perjalanan, agar memberi kesan tersendiri dan menjadi sebuah cerita untuk nantinya.

     Setelah selesai makan, kami langsung meneruskan perjalanan pulang. Dengan melewati jalur yang sama seperti tadi saat pergi, yaitu melewati jalur tambang ulang - desa martadah - cempaka. Telah terbukti jalur ini memang merupakan alternatif yang baik karena menghemat waktu. Hujan mulai turun kembali ketika kami melewati jalur ini. ya sudah terlanjur basah, kami terobos saja guyuran hujan didepan agar dapat sampai di bjb tepat waktu, karena tim di jadwalkan akan mengunjungi danau seran/ kalo ngga ke danau seran ke danau caramin di guntung manggis.

     Tak Terasa perjalanan sudah sampai disekitar daerah cempaka tembus ke jalan palm banjarbaru. Laju kendaraan kami arahkan ke sekitar tambang GC (Galuh Cempaka).Langsung memasuki kawasan ini untuk menuju ke danau seran. Melewati tambang ini kita disajikan banyak kendaraan tambang yang dibiarkan begitu saja, karena operasional tambang ini mulai berhenti. Kami tiba di danau seran, tetapi kondisinya pasca hujan dan cukup ramai dengan orang - orang yang menikmati sore hari di danau dengan berenang dan bermain air.

     Mang Rusdi mengajak kami ke arah guntung manggis untuk menuju ke danau caramin. Menurutnya di danau caramin terdapat hamparan yang lebih luas, hembusan anginnya lebih kencang, cocok sekali untuk menikmati senja. Tim langsung meluncur karena memang tidak jauh dari danau seran. Jalan menuju danau ini memang masih  belum di aspal karena masih baru ada proses pengurugan disini. sepanjang jalan ini masih dikelilingi oleh rawa dan sungai kecil. Rencananya nanti jalan ini bisa tembus ke bati - bati.


Akses Menuju Danau Caramin

Rawa disisi jalan

Tim Tiba di Danau Caramin

Rawa sekitar danau caramin
    10 menit perjalanan sudah sampai di danau caramin. benar saja apa kata mang rusdi, danau ini lebih besar dan hamparannya hingga ke ujung. hembusan anginnya kencang hingga memberikan efek ombak kecil pada air di danaunya. Para pengunjung menyebutnya danau caramin karena airnya jernih dan kalau saat terang pantulan langit terlihat jelas membayang di permukaan air danau. tapi karena kami datang menjelang senja jadi tidak dapat menyaksikan fenomena tersebut.

Sisi Danau Caramin

Danau Caramin

Danau Caramin

Mang Rusdi Di Danau Caramin

Mang Sany



    Mang sany dan mang rusdi saja yang turun untuk berfoto di danau ini. Tim yang lain udah mulai kecapean dan males untuk membuka lagi sepatunya. karena untuk mencapai ke tengah harus melepas sepatu / alas kaki. Karena harus melewati rawa kecil dipinggir danau.  Kami berfoto disekitar danau dan menikmati senja di danau ini merasakan hembusan anginnya yang menemani kami menunggu saat matahari tenggelam.
Penutup Perjalanan Kali ini

     Lengkap sudah perjalanan kali ini, mulai dari pantai joras. bukit rimpi dan yang terakhir danau caramin. Next trip tim akan selalu berbagi kisah yang tak kalah menarik dan tentunya juga sebagai sebuah record atau sebuah catatan kami dalam pengarsipan rekaman perjalanan kami selama menjelajah keindahan alam kalimantan selatan. Akhir kata kami ucapkan sampai jumpa diperjalanan berikutnya dan terima kasih.. 

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar