Sabtu, 17 Juni 2017

Penanaman Mangrove di Pantai Pagatan Besar

Budidaya Mangrove Pantai Pagatan Besar

Destinasi Selanjutnya adalah Pantai Pagatan Besar. Di Pantai ini terdapat pembudidayaan mangrove/bakau. Tempat wisata ini masih dalam proses pengembangan. Penanaman bibit mangrove masih terus dilakukan desepanjang garis pantai. selain untuk penahan terjadinya abrasi pantai hutan mangrove di tepi pantai juga sebagai pelindung dari pasang air laut bahkan di jepang pembudidayaan hutan mangrove ini digunakan sebagai penahan bencana sunami.. memang tidak 100% efektif tapi setidaknya dapat mengurangi dampaknya. Saya rasa pembudidayaan ini sangat harus kita apresiasi.. karena sangat berguna baki masyarakat sekitar.



jalan Menuju Ujung

Penampakan Hutan Mangrovenya

Mang Sany

Kami tiba disini tentunya bukan untuk menanam bibit mangrove.. tapi kami datang untuk belajar... mengenai pelestariannya.. penanamannnya dan fungsi dari pembudidayaannya.. namun hujan yang turun semakin deras.. memaksa kami harus bernaung di sebuah pondok yang memang sudah disediakan oleh pengelola.. terdapat jalan dermaga menuju ke ujung melewati belantara hutan mengrove.. terasa adem banget disini.. -- ya eya lah wong lagi ujan -- hehhe.. eh tapi kayanya kalo lagi panas juga adem bro...

Mang Rusdi lagi baca spanduk

Mang Rusdi

Paman Wahyu

Mang Rusdi Lagi

Mang Sany 


Kami langsung ngeksis aja berfoto disini.. dan yang menarik ada hewan apa gitu saya kurang tau namanya... seperti ikan yang bisa terbang.. hhee yg pasti bukan ikan indosiar kayanya.. di sekitar insangnya juga terpasang  flabirin sebagai alata bantu pernafasan saat mereka ada di lumpur.. di pantai ini tidak direkomendasikan untuk berenang.. karena pantainya cukup keruh dan memang fungsinya untuk penahan abrasi dan juga untuk ekosistem hewan disini. bukan untuk manusia berenenag.. ingat itu kawan..

Pose Ok Mang Rusdi

Lagi ngaca kali ya?? hehe

Ceritanya Mau bulik

Trio The Tanginas (3T)


Kami mencuri - curi waktu disaat hujan mulai reda langsung berfoto lagi disini.. hehhe.. .coba kalo disosialisasikan lebih masiv sepanjang pantai yng memang diperlukan.. bisa ditanami mangrove.. biar pantai - pantai di kalsel dapat menjaga ekosistem laut dan menjaga kondisi pantai dari abrasi. merupakan contoh yang baik apa yang dilakukan di desa pagatan bersar ini guys..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar