Minggu, 19 Februari 2017

Situs Gunung Pamaton

Situs Gunung Pamaton

Perjalanan dilanjutkan menuju situs gunung pamaton. Dari Tahura sultan adam mandiangin kami melewati desa jarak dan desa kiram untuk menuju ke situs gunung pamaton.. sebenarnya masih satu gugusan bukit sama tahura sultan adam.. cuma saja pamaton ini terletak di bagian belakan, sedangkan puncak tahura dibagian depannya.


Diperjalanan kami mendapatkan musibah.. dimana Om Gilang kecelakaan tunggal ketika mengendarai kendaraannya di jalan berbatu saat keluar dari tahura sultan adam. Kemungkian dia mengantuk sehingga terjatuh yang menyebabkan luka di kakinya. saat ditanya dia tidak sadar bahwa dia terjatuh.. "teuing atuh,, urang ge teu nyadar nyaho - nyaho labuh.. !!" begitu ungkapnya.. pengendara lain sempat menolongnya. 

Disini sempat terjadi perundingan untuk melanjutkan mengingat gilang terluka.. setelah menanyainya.. di masih bisa melanjutkan perjalanan.. akhirnya dilanjutkan kembali.. jalanan berbatu harus kami lewati dari desa jarak sampai desa kiram... di desa kiram sudah ada penujuk jalannya menuju ke situs pamaton. pertigaan menuju gunung pamaton jalannya masih tanah merah dan melewati perkebunan karet.

Akses Jalan
Cukup sulit medan yang di lalui jika musim hujan.. mengingat jalurnya melewati tanah merah.. mungkin baagi pecinta off road ini jalur yang asik,. hhee.. saya (Mang Sany) juga sempat terjatuh saat melewati jalan yang berlumut.. sehingga sepeda motor tergelincir, ,beruntung paman wahyu yang menjadi boncengernya bereaksi cepat langsung "luncat" menyelamatkan diri.. mengingat jalur tak aman.. kami mencari jalur lain.. 
Gunung Pamaton

Kami mencari jalur yang kering dan sebelah kanan.. sampai lah kami di situs gunung pamaton.. dimana situs ini diresmikan oleh.. sultan banjar.. pangeran H Khairul Shlaeh tepat dikaki gunung pamaton. Konon katanya  Gunung ini merupakan pusat aktifitas kerajaan ghaib di kalimantan selatan. saya kurang begitu tau tentang legendanya.. yang pasti banyak orang sini menjadikan tempat ini skral dan sarat hal berbau mistik. tapi tujuan kita kesini bukan itu.. hanya untuk berkunjung dan berwisata.

Om Gilang

Prasasti Pamaton


Tim Di Lokasi Prasasti Pamaton

Mang Sany

Mang Rusdi

Tepat di seberang gunung ini ada sungai kiram yang memiliki aliran sungai yang cukup deras.. cocok rasanya untuk rafting disini.. hehhee... kami tak lama disini karena mungkin ada banyak oengunjung lain yang akan melakukan aktifitas disini.. kami segera bergegas pulang.. mengingat hari juga sudah mulai terik.. Destinasi selanjutnya danau biru desa tiung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar